Pola Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

Di dalam postingan ini selain saya akan memperlihatkan pola surat resmi dalam bahasa inggris aku juga akan memperlihatkan beberapa tips dan langkah-langkah yang perlu diperhatian dikala kita ingin menciptakan suatu surat resmi berbahasa inggris. Seperti kita ketahui bahwa surat resmi ialah sebuah surat yang dibentuk untuk tujuan formal dan isinya tidak boleh ditulis dengan sembarang pilih. Ada aturan-aturan dalam penulisan surat formal yang harus ditempuh berbeda dengan surat eksklusif yang isinya boleh ditulis sesuka hati tanpa adanya format khusus. Langsung saja simak tips dan cara menulis surat resmi dalam bahasa inggris selaku berikut:


Tips dan Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris


PERTAMA:


Ketika membuat suatu surat resmi dalam bahasa inggris kita mesti memulainya dengan pembukaan yang sopan dan diakhiri dengan ppenutup yang baik pula. Pada kalimat pengirim kita bisa menggunaan kalimat sapaan mirip:


Dear mr……….


Atau


Dear ms. ………


Namun, jika kita tidak mengetahui nama dari akseptor surat tersebut sebab surat resmi tersebut di tujukan kepada suatu instansi, maka anda mampu membukanya dengan kalimat:


Dear, sir.


Atau


Dear, madam.


[sc:kodeadsense]

Sedangkan pada bab salam epilog anda mampu menggunakan beberapa kalimat epilog yang sopan mirip:


Sincerely yours

Best regards


Atau cukup dengan:


Best


KEDUA:


Pada kalimat penutup, jangan pernah lupa untuk memberikan ucapan terima kasih.  Dengan begitu, surat anda akan terasa sopan dan menghargai orang yang membacanya. Contohnya yakni:


I am looking forward to hearing from you. Thank you very much.

Thank you for your kind help.


KETIGA:


Apabila isi dari surat resmi berbahasa inggris  yang kita buat ialah sebuah permohonan, maka kita mesti menuliskan kalimat permohonan tersebut dengan sopan.  Kita dapat menggunakan kalimat permintaan yang sopan mirip:


I would be very grateful if you could …


Atau


If you could …, it would be most appreciated.


Pada bab yang aku kosongkan, anda mampu mengisinya dengan permintaan yang ingin anda sampaikan.


KEEMPAT:


Gunakan kata-kata baku dan jangan mencantumkan abreviasi-akronim yang tidak formal. Cotohyna:


Don’t = do not

It’s = it is

4 = for

U = you


KELIMA:


Cantumkan nama lengkap anda, jikalau perlu dengan jabatan supaya terlihat lebih profesional. Jangan lupa juga untk membubuhkan tanda tangan pada surat tersebut.


KEENAM:


Yang terpenting yakni gunakan tanda baca dan aksara kapital dengan baik dan benar. Karena akan sangat abnormal jika isi surat resmi anda begitu manis namun terjadi kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Oleh sebab itu, cek dan baca kembail surat yang telah anda buat untuk menentukan tidak ada kesalahan di dalam surat tersebut.


Setelah menyaksikan keenam kiat diatas, maka anda mampu menciptakan surat resmi bahasa inggris seperti di bawah ini:


Ke halaman 2..


June 16, 2014


Mr. Bambang nurrohman

Headmaster of Sekolah Menengan Atas 12

Bandar lampung


Dear sir,

On behalf of the class XIA, i am writing this to ask for your permission to hold  an end-of-year party on June 30th, 2014. We would like to use  XIA for the party and will make sure that it is cleaned up after the party.


Mr. Yayan Mulyana, our English teacher, would be the person in charge for this event. He will be with us during the party.


Hopefully, you would kindly allow us to use the classroom. Thank you.


Yours sincerely,


Bayu Pramono Adi

XIA class captain


Sumber : Practice your English competence, Penerbit Erlangga.


Itulah kitanya salah satu teladan surat resmi dalam bahasa inggris yang bisa anda jadikan acuan dalam menciptakan suatu surat resmi untuk kebutuhan tertentu. Apabila anda mewakili sebuah nstansi maka biasanya surat resmitersebut disertai dengan kop surat, nomor surat dan wacana. Tentunya semua itu diadaptasi dengan keperluan masing-masing.


Comments

Popular posts from this blog

Review Of Best Cash Apps Games 2023

Cara Menghadapi Anak Tantrum Hp

How To Calculate Units Of Length For Grade 2 Elementary School Students